Senin, 18 Mei 2015

Raja blues dunia BB King meninggal dunia di umur 89 tahun

Riley B. king, gitaris legendaris yang dikenal juga sebagai BB King, yang memiliki suara blues gaya ekspresif dibawa dari margin ke arus utama, meninggal pada Kamis malam.

meninggal umur 89 tahun.

Putrinya, Patty king, mengatakan ia meninggal di Las Vegas, di mana ia mengumumkan dua minggu lalu bahwa ia dalam perawatan rumah sakit rumah setelah menderita dehidrasi.


Pemerintahan Mississippi asli sebagai "king of blues" berlangsung lebih dari enam dekade dan mengangkangi dua abad, mempengaruhi generasi rock dan blues musisi, dari Eric Clapton dan Stevie Ray Vaughan ke Sheryl Crow and John Mayer.

Hidupnya adalah subyek dokumenter "BB King: The Life of Riley" dan inspirasi bagi Museum BB King dan Delta Interpretive Center, yang dibuka di Mississippi pada 2008.

Warisan king abadi berasal dari penolakannya untuk memperlambat statusnya sebagai ikon musik Amerika.

Bahkan dengan daftar panjang penghargaan untuk namanya - Grammy Lifetime Achievement Award, Rock and Roll Hall of Fame induksi, sebuah Presidential Medal of Freedom - ia mempertahankan jadwal tur tanpa henti dar tahun 80an.

Sepanjang karirnya, king of blues berkembang dengan waktu untuk menggabungkan tren kontemporer dan pengaruh tanpa menyimpang dari itu Delta Blues root. Apakah dia berbagi panggung dengan U2 - diabadikan di tahun 1988 konser Film "Rattle dan Hum" - atau bermain di Ruang Timur Gedung Putih dengan Buddy Guy, Mick Jagger, Jeff Beck dan lain-lain, satu-string gitar raja konsonannya dengan vibrato jelas dari Gibson hollow-bertubuh nya yang dikenal sebagai Lucille.